Pesan Moral 3 idiot


Kembali lagi dengan saya, aku mau Tanya nig gan. Apakah dari temen2  sudah pernah nonton film 3 idiot, jika kalian belum pernah nonton maka artinya kalian kudu nonton tu film, soalnya filmnya sangat memberikan motivasi yang sangat luar biasa. Film 3 idiot ini bertemakan pendidikan, persahabatan, dan cinta. Film ini menceritakan bagaimana 3 orang mahasiswa yang berteman akrab , ada yang dilakukan mereka yang mengundang tawa maupun tangis air mata. Namun terlepas dari itu, ada beberapa pesan moral yang bisa kita petik diantaranya :
1.      Tahu tapi tidak melakukannya
Semua tahu bahwa air garam adalah penghantar listrik yang baik. Itu pelajaran SD tapi tak semua mempraktekkannya. Sebenarnya bukan itu saja, semua cabang ilmu yang kita pelajari dan ketahui tapi tidak kita praktikkan itu sia-sia saja. Tak ada gunanya. Bertahun menimba ilmu dari SD sampai perguruan tinggi jika tidak digunakan apalah artinya. Nonsense.
2.      Persahabatan Itu Lebih Penting
Rancho rela meninggalkan apapun untuk sesuatu kepentingan yang menyangkut temannya. Berkorban untuk keberhasilan temannya. Bukan seperti Silencer yang selalu mementingkan nilai hingga harus berbuat dengki. Apalah artinya pintar jika tidak bisa memiliki teman. Maka persahabatan itu lebih penting dari orang itu sendiri. Tak ada artinya seseorang itu tanpa sahabatnya, seperti  taman tak berbunga.
3.      Jangan Pernah Mengejar Kesuksesan Tapi Kejarlah Kesempurnaan Maka Kesuksesan Itu Akan Mengikutimu.
Inilah pesan yang selalu di sampaikan Rancho kepada kedua sahabatnya bahkan Saa Rektor VIRUS ingin memecah belah mereka.
4.      Jangan Perkosa Ilmu Pengetahuan, tapi Nikmatilah Dan Fahamilah
Menghafal mungkin menghemat waktumu di sekolah, tapi akan menyiksamu seumur hidup. Menghafal hanya akan menambah beban otak dan tertekan, bahkan membuat fikiran buntu hingga membunuh kreatifitas manusia untuk berkarya. Menghafal tanpa memahami berarti memperkosa ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak, dengan menghafal hanya mempercepat kelulusan, tapi tidak pernah mengembangkan ilmu itu sendiri. Jadi memahami akan lebih mudah dan ini akan membuat lebih nikmat ilmu pengetahuan itu.  Manusia yang selalu ingin tau akan selalu bereksperimen sendiri, membuat karya baru yang berguna.
5.      All Is Well
Inilah sepenggal kata ampuh dari Rancho, percaya atau tidak bagi orang yang optimis mungkin takkan membiarkan dirinya tersiksa hanya untuk masa depannya. Raju adalah karakter yang menjadi contoh dalam film ini. Kehidupan dan tanggung jawab akan keluarganya membuat ia bimbang dan takut untuk mengambil keputusan. Ketakutan membuat prestasinya melorot, tapi karena Rancho dam Farhan selalu memberinya semangat, dan alhasil diapun sangat termotivasi lagi untuk belajar.
6.      Kerjakan Apa Yang Engkau Ingin Kerjakan
Kerjakanlah apa yang ingin engkau kerjakan, kita tak pernah tau bahwa kita adalah  orang yang hebat jika kita tak pernah mencobanya. Keistimewaan itu adalah saat kita meyakini bahwa itu istimewa. Karena sesungguhnya, bukan uang banyak yang dibutuhkan manusia, melainkan kedamaian dalam hati. Biar penghasilan kecil, rumah kecil, mobil kecil, jika kita menyenanginya, mensyukurinya, itu menjadi nikmat yang tak terkira.

Penulis : Husrizal Fammy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pesan Moral 3 idiot ini dipublish oleh Husrizal Fammy pada hari Selasa, 18 Desember 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pesan Moral 3 idiot
 

0 komentar: