Jenis-Jenis Gitar

1. Fender
    Nama lengkap perusahaannya adalah Fender Musical Instruments Corporation. Markas besarnya ada di kota Scottsdale, Arizona, Amerika. Fender merupakan perusahaan instrumen yg besar dg memproduksi produk gitar elektrik solid-body Stratocaster dan Telecaster.Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946 di kota Fullerton, California dg nama Fender Electric Instrument Manufacturing Company sama Clerence Leonidas "Leo" Fender. Sebelum punya perusahaan pabrik instrumen, Leo Fender memulai usahanya sbg tukang servis elektronik yg biasa diminta ngebetulin macem2 alat elektronik mulai dari radio, phonograph player, sampai amplifier.Selain akhirnya ngetop jadi tukang bikin gitar, Leo Fender jg ngedisain solid-body Bass elektrik tipe Precission yg sukses bgt secara komersial. Pada awal taun 1965, Fender yang gak cuma terkenal memproduksi gitar menjadi induk berbagai macam anak perusahjaan dg berbagai merk yg memproduksi instrumen2 mulai dari gitar, piano, drum, dll.

2. Gibson
     Pabrik Gibson Guitar Corporation yang ada di kota Nashville, Tenesse, AS. terkenal memproduksi gitar akustik dan elektrik yg berkualitas. Gibson juga mnjd pemilik dan pembuat gitar dari merek2 terkenal lain kayak Epiphone, Kramer, Valley arts, Tobias, Steinberger, dan Kalamazoo, Selain gitar, Gibson juga bikin instrumen piano dg merek Baldwin dan juga drum merk Slingerland plus macam2 aksesorisnya.Gibson didirikan sama pembuat Mandolin di kota Kalamazoo, Michigan, Amerika yg bernama Orville Gibson pada akhir taun 1890. Yg bikin nama Orville Gibson naek pertama kali sebagai produsen gitar adalah archtop guitar, sebuah gitar elektrik yg bentuk potongan mirip sama biola.Pada tauhn 1930, Gibson jg bikin flattop acoustic guitar selain jg gitar hollow-body elektrik komersial pertama yg dipopulerkan ama Charlie Christian. Tapi gebrakan Gibson yg paling booming adalah Les Paul yg jd desain gitar paling populer dan kepake sampai skg sama jutaan orang. Pada akhir taun 1960, Gibson dijual ama Norlin Corporation sebelum akhirnya dibeli lg ama pemilik aslinya pd awal taun 1986.

3. Ibanez
     Ibanez adalah merek gitar yg didiriin ama org Jepang yg bernama Hoshino Gakki. Markasnya saat ini ada di kota Nagoya, Aichi, Jepang. Hoshino dg Ibanez-nya mgkin jd org Jepang pertama yg nginjekin dagangan instrumen musiknya di Amrik dan Eropa. Perusahaan Hoshhino Gakki mulai bersdiri pd taun 1908 sbg divisi penjualan instrumrn musik di perusahaan toko bukuj bernama Hoshino Shoten.Nama merk Ibanez sendiri muncul taun 1929 pas Hoshino mulai usaha impor gitar2 dr Spanyol yg terus dikasih merk Salvador Ibanez. Pas perang saudara di Spanyol bikin ancur usahanya, Hoshino pake hak nama merek itu dan mulai produksi gitar sendiri di taun 1935 sebelum akhirnya berubah lagi jadi Ibanez aja.Selain gitar elktrik dan akustik, saat ini Ibanez jg memproduksi beberapa jenis efek gitar dan synthesizer. Gitar2 Ibanez jg diproduksi di beberapa negara Asia kayak Korea, Cina, dan juga Indonesia.

Penulis : Husrizal Fammy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Jenis-Jenis Gitar ini dipublish oleh Husrizal Fammy pada hari Selasa, 22 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Jenis-Jenis Gitar
 

0 komentar: