Pesan Moral 5 cm

http://roundaqiu.files.wordpress.com/2012/12/5cm-ed.jpg?w=300&h=217
Akhir-akhir ini saya memang sedang tergila-gila dengan keindahan alam Indonesia. Beberapa situs dan blog yang menyajikan potensi wisata alam dari sabang sampai merauke selalu saya kunjungi. Selain itu, di media sosial juga saya selalu mencoba berhubungan dengan para traveler yang sudah melakukan perjalanan mengelilingi keindahan alam negeri ini. Maka, ketika ada film Indonesia yang menyajikan keindahan alamnya, saya langsung tak sabar untuk langsung menontonnya dan menikmatinya meski lewat layar lebar.

5cm, yang diadopsi dari sebuah novel yang berjudul sama, karya Donny Dhirgantoro berlatar belakang gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terus terang, saya memang belum membaca novel aslinya. Film ini menceritakan tentang perjalanan 5 orang sahabat mendaki puncak Semeru. Pendakian yang tidak akan terlupakan seumur hidup mereka berlima, karena persahabatan mereka diuji disana. Perjuangan mencapai puncak Mahameru dan menancapkan bendera Merah Putih tepat pada tanggal 17 agustus, semakin membuat mereka mengagungkan kebesaran Tuhan dan mencintai negeri mereka, Indonesia.

Bagi saya film ini tidak hanya sekedar menggambarkan arti sebuah persahabatan semata. Tapi lebih dari itu. Banyak pesan-pesan moral yang sangat mendalam buat siapa saja yang menontonnya. “Tuhan….Negeri ini begitu indah! bantu kami menjaganya…” kalimat yang diucapkan oleh Herjunot Ali, yang dalam film ini berperan sebagai zafran begitu menyentuh hati saya. Diucapkannya saat melihat hamparan sawah yang membentang, dari atas kereta yang membawa mereka menuju kota Malang.

Yah…Negeri ini bagi saya memang begitu indah. Tidak hanya indah, tapi juga sangat kaya. Kaya akan alamnya, potensi wisata, keragaman suku, budaya, juga hasil buminya.
Mungkin keindahan Gunung Semeru dan sekitarnya (Taman Nasional Gunung Bromo-Tengger-Semeru) yang di tampilkan secara apik di film ini, adalah secuil keindahan yang dimiliki Negeri ini. Masih banyak surga-surga yang tersembunyi di banyak wilayah -wilayah lain yang masih belum terekspos. Dan 5 cm bagi saya telah membangkitkan nasionalisme bagi siapa saja yang menontonnya dalam bentuk lain. Nasionalisme yang dibentuk tidak melulu dengan film-film tentang perang merebut kemerdekaan, juga tentang perjuangan pahlawan-pahlawan dahulu. Tapi tentang apa yang dimiliki oleh Negeri tempat mereka berpijak, tempat mereka dilahirkan dan dibesarkan. Dengan menampilkan surga alam yang dimiliki Indonesia, setidaknya membuat para penonton tidak hanya mengagumi tapi juga membuat penonton merasa punya tanggung jawab terhadap apa yang dimiliki negerinya ini. Bahwa negerinya itu sangat indah, sangat kaya, sehingga harus tetap dijaga agar tidak terpecah belah.

Ditengah krisisnya perfilman Indonesia yang mengangkat isu nasionalisme, 5 cm setidaknya telah memberikan secercah harapan. Harapan bahwa para sineas-sineas muda bisa mengembalikan perfilman sebagaimana fungsinya sebagai media komunikasi yang mencerdaskan bangsa. Tuhan…..Negeri ini begitu indah! Bantu kami menjaganya

Penulis : Husrizal Fammy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pesan Moral 5 cm ini dipublish oleh Husrizal Fammy pada hari Selasa, 22 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pesan Moral 5 cm
 

0 komentar: