Manfaat Mendengarkan Musik

Saya sangat menyarankan bagi anda yang memiliki hobi mendengarkan musik untuk tetap melanjutkan hobi anda tersebut.
Mengapa?
karena mendengarkan musik selagi itu memiliki porsi yang pas(tidak berlebihan) insyallah akan memberi banyak manfaat.
Musik memiliki dampak yang sangat positif bagi tubuh dan ini berlaku untuk semua kalangan.
Bahkan,mendengar musik dapat menjadikan anda cerdas.
Banyak filosof-filosof terkenal dunia seperti Plato dan Aristoteles mengakui manfaat dari mendengarkan musik.
Einstein pun tak menyangkal hal yang membuat dia sangat brilian adalah karena hobinya bermain biola.
Berikut langsung saja manfaat musik secara umum:
• Menghilangkan Bad Mood
Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda.
Tetapi, apapun pilihan musik Anda,mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.
Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang memicu rasa senang dalam jiwa.

• Mengurangi Stres
Stres telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit mental beberapa yang tampaknya hanya terjadi pada orang dengan tingkat stres sangat tinggi.
Dalam penelitian yang dilakukan, subyek di perdengarkan musik setengah jam-musik menenangkan dua kali sehari selama dua minggu.
Hal ini menunjukkan pengurangan signifikan lebih besar pada tingkat stres dan kecemasan dalam study.

• Menstimulan otak serta membuat otak lebih fokus
Ini memang sedikit aneh, tetapi bukti menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi.
Sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain,
mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

• Membuat anda lebih rileks
Mendengarkan musik bisa menenangkan jiwa dan juga membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah.
Akibat dari tekanan darah rendah, juga mengurangi risiko stroke dan masalah kesehatan lainnya dari waktu ke waktu.
Dalam sebuah studi baru Italia, peneliti menemukan bahwa orang dengan hipertensi ringan (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik, Celtic atau India hanya 30 menit sehari selama satu bulan memiliki pengurangan yang signifikan pada tekanan darah mereka.
Musik yang baik membantu untuk menenangkan sel-sel dan jaringan yang membentuk paru-paru sehingga menurunkan pasien bernapas dan denyut jantung normal.

• Tingkatkan daya tahan tubuh
Manfaat musik menyebabkan rasa semangat dan semangat berlipat ganda dapat anda manfaatkan saat dipekerjaan ataupun di saat olah raga.
Misalnya,dengan mendengarkan musik membuat anda lebih semangat lari pagi sehingga anda dapat berlari lebih cepat dengan begitu musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.
Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda.
Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.
Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.
• Meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme
Musik juga dapat digunakan untuk keadaan berpikir positif, membantu menjaga depresi. Musik yang baik juga untuk mengingat memori bahagia atau hari yang baik.
Hal ini juga meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.
• Diperkirakan dapat menyembuhkan kanker

Tahukah anda dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik mungkin menawarkan sejumlah manfaat bagi orang-orang yang mengindap kanker.
Musik dapat mengurangi kecemasan pada pasien yang menerima terapi radiasi, serta mual dan muntah akibat kemoterapi dalam dosis tinggi.
Jika tadi saya memberikan ulasan manfaat mendengarkan musik secara umum kini kita persempit pokok bahasan kita menjadi lebih spesifik.
Berikut manfaat mendengarkan musik berdasarkan jenis musiknya:

• Musik klasik
Musik klasik adalah jenis musik yang sering melibatkan orkestra besar dan biasanya tanpa ada iringan vokal.
Musik klasik memiliki kecenderungan untuk menenangkan tubuh dan merangsang pikiran.
Jenis musik ini telah ditemukan dapat mengurangi stres (bahkan untuk orang yang tidak terlalu menyukai musik klasik) dan meningkatkan kecerdasan jenis tertentu seperti kemampuan verbal dan penalaran spasial-temporal.
Musik jenis ini tidak membuat Anda lebih cerdas, melainkan menyediakan lingkungan yang ideal untuk berpikir.
Sebuah studi yang dilakukan di Hong Kong pada 90 anak laki-laki berusia antara 6 dan 15 tahun, ditemukan bahwa anak-anak yang belajar bermain musik dengan program orkestra sekolah memiliki kemampuan memori verbal yang lebih tinggi dan dapat belajar kata-kata yang lebih baru dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menerima pelatihan musik.
Mendengarkan musik klasik juga memiliki efek yang sangat menenangkan detak jantung dan dapat membantu bagi orang dengan penyakit jantung.

• Musik India klasik
Musik India klasik rumit dan ekspresif.
Musik India didasarkan pada raga (mode melodi) dan taal (siklus berirama tertentu).
Raga tertentu dikenal dapat mengaktifkan semua chakra (suasana hati atau pusat energi) dari tubuh, sehingga menguntungkan dalam melaksanakan tugas-tugas kreatif lainnya.
Terapi musik klasik india sering digunakan atau disarankan untuk pengobatan insomnia, migrain, sakit kepala kronis, hipertensi, gelisah, dan lain-lain.
Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan musik klasik India dapat meningkatkan kualitas tidur pada individu yang mengalami depresi.
Para peneliti menyimpulkan bahwa efek tersebut sebanding dengan pengobatan hipnotis dalam meningkatkan kualitas tidur pada pasien depresi.

• Musik Rap atau Hip Hop
Hip Hop musik memiliki efek yang berbeda pada banyak remaja.
Di satu sisi, ditemukan jenis musik ini mempromosikan perasaan negatif, dan di sisi lain musik yang begitu energik membuat Anda ingin berdiri dan menari.
• Musik Rock
Mendengarkan musik rock dapat memberikan adrenalin tidak seperti jenis musik lain.
Jika Anda tidak suka mendengarkan musik rock, maka mendengarkannya dapat membuat Anda merasa marah dan kesal serta peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.
Namun, jika Anda menikmati mendengarkan jenis musik ini maka dapat membantu menghilangkan stres tanpa mempengaruhi denyut jantung atau tekanan darah.

Penulis : Husrizal Fammy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Manfaat Mendengarkan Musik ini dipublish oleh Husrizal Fammy pada hari Minggu, 06 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Manfaat Mendengarkan Musik
 
Reaksi: 

1 komentar:

juned mengatakan... | 16 September 2013 15.28

nice info sob .. tp lebih tenang jika kita sering mendengarkan asma allah . :)