Rambutan

Dahulu kala ada seorang petani yang sangat miskin. Sebutlah ia Tan. Tan hidup sebatangkara disebuah desa terpencil di dekat hutan.
Suatu hari ia pergi kehutan, ia mencari sesuatu dihutan seperti kayu dan buah-buahan, tujuannya agar ia dapat menjual hasil temuaanya dari hutan kepasar didesa. Hasil panennya gagal karna itulah ia mencari sesuatu dihutan yang dapat ia jual.
Ketika ia didalam hutan, hutan itu penuh dengan pahon-pohon yang tinggi dan daunnya penuh. Banyak semak belukar dan juga ada banyak hewan buas didalam sana.
Tan berjalan masuk kedalam hutan, ia memberanikan diri untuk tetap masuk hutan. Suasana dalam hutan sangatlah sunyi, tetapi tiba-tiba ada seekor harimau yang hendak menerkamnya. Ia sangat panic, lalu ia mengambil batu yang ada di tanah didekatnya, lalu melemparkan batu itu kemuka harimau, batu terlempar sangat keras kemuka harimau itu, sampai-sampai gigi harimau itu patah. Harimau itu pun langsung pergi menghindar Tan dengan gigi ompong dan darah dimukannya.
Tan ketakutan, lalu ia memutuskan untuk pulang tanpa membawa apa-apa. Namun gigi harimau itu sangat menarik perhatiannya. Gigi harimau itu begitu kuning, ia pikir itu seperti emas. Lalu ia membawanya dan ia kembali kedesa.
Beberapa hari kemudian ia pergi kepasar untuk menjual gigi harimau tersebut. Ia berharap penjual emas akan berfikir bahwa itu adalah emas. Namun perkiraannya salah. Tan dianggap penipu lalu ia kecewa dan kembali kerumahnya. Dia sangatlah kesal, hingga ia menguburkan gigi harimau itu, tetapi tanpa ia sadari rambutnya rontok dan terkubur dengan gigi harimau itu.
Huajan turun sangat deras, setelah beberapa hari Tan mengubur gigi harimau itu. Tanah menjadi subur. Tetapi tiba-tiba Tan merasa aneh ada tanaman yang tak biasa, yang tak pernah ia lihat sebelumnya diladang miliknya.
Tanaman itu tumbuh dan tumbuah menjadi besar dan berbuah banyak, buah it bulat dan berambut, tatapi setelah ia mengupas dan mencobanya, buah itu terasa enak. Lalu Tan memberinama buah itu Rambutan. Sesuai dengan bentuk rambutan tersebut yang dipenuhi rambut dan bundar. Rambut dan Tan namanya sendiri dari gabungan nama tersebut akhirnya buah itu bernama Rambutan.
Sejak itulah ia mendalami profesinya sebagai petani rambutan. Buah rambutan menjadi kesukaan atau buah faforit didesanya. Semenjak itu kehidupan Tan berubah berkat buah rambutan yang berasal dari gigi harimau dan rambutnya. Kehidupannya berubah derastis menjadi orang yang kaya raya.

Penulis : Husrizal Fammy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Rambutan ini dipublish oleh Husrizal Fammy pada hari Kamis, 24 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Rambutan
 

0 komentar: